Membangun Home Theater PC (HTPC) Murah 2015

Untuk melihat spesifikasi HTPC murah 2016, dapat klik Link berikut

Akhir - akhir ini PC dirumah saya sedang rusak, dan sepertinya sudah saatnya menggunakan ilmu "BIRU" (Beli Baru) sebagai solusi dari kerusakannya, karena umur PC ini terhitung sudah sangat tua, Kalau tidak salah, dari tahun 2005, artinya sudah hampir 10 tahun bersama saya :/

Setelah browsing - browsing dan ngbrol dengan orang tua sebagai pengguna utama PC tersebut, saya simpulkan bahwa desktop yang paling tepat buat mereka cukup PC berukuran kecil dengan performa yang biasa saja, yang penting bisa untuk menulis dokumen, browsing internet, dan memainkan game-game ringan, dan akhirnya didapatkan bahwa HTPClah yang cocok buat mereka, dimensi kecil, performa cukup mumpuni, namun penggunaan daya nya relatif kecil, dan harganya pun tidak mahal bro!

Setelah browsing-browsing sana sini, didapatkanlah spek seperti dibawah, harga dibawah adalah referensi per tanggal 26 April 2015, jadi mungkin bisa saja berubah ketika anda melihatnya, tergantung dari kurs dollar saat itu.


spesifikasi HTPC murah (menurut saya) 2015


Yang pertama saya bahas adalah case, karena desktop yang bagus biasanya dilihat dari casenya (yaaa mirip mirip sama istilah judge the book by the cover lah )
case yang saya pilih yaitu cooler master mini 210, speknya mumpuni, dengan USB 3, Mount untuk 2 x HDD 3.5 , serta 1 mount untuk HDD 2.5 , serta ada slot untuk ODD sehingga anda bisa menempatkan DVD / Blu Ray room di casing ini, ditambah lagi casing ini juga sudah memiliki PSU sebesar 300 Watt yang seharusnya lebih dari cukup untuk HTPC dengan spek diatas, atau maksimal ditambahkan dengan VGA card kelas entry level

Lalu, motherboard yang saya pilih adalah Biostar H81MG yang berukuran micro ATX ini karena dia memiliki 2 port sata III serta 2 port sata II yang seharusnya lebih dari cukup buat sebuah HTPC, selain itu motherboard yang memiliki port usb 2.0 dan 3.0 ini ini juga dibekali dengan PCI x16 dan PCI x1 yang memungkinkan kita untuk memasangkannya dengan VGA card atau wifi card tambahan...



Nah, setelah komponen utama telah ditentukan, saatnya memilih processor, RAM, serta HDD apa yang akan kita gunakan,
Mengenai processor, sebenarnya kembali ke kebutuhan anda. Karena saya hanya menggunakan HTPC ini untuk internet, mengetik, dan streaming film, maka kombinasi intel pentium teknologi haswell, RAM 4 GB, serta HDD 1 TB saya rasa sudah lebih dari cukup untuk mengakomodir kebutuhan saya dengan nyaman. Jika ingin performa lebih baik lagi, anda dapat menambahkan VGA card serta wifi card tambahan agar performa PC ketika memutar film tidak turun. 

terima kasih,
sekian review dari saya bro. 


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello, this blog was originated for sharing and keeping all my finding about IT, Cities I traveled, and other, in line with my life motto "Make yourself usefull". BTW, Sorry for my English :)

0 komentar:

Posting Komentar