Cara Dari Balikpapan ke Bontang

Kali ini saya akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara untuk pergi dari Balikpapan ke Bontang.


Yang pertama yaitu melalui jalur udara. jalur ini adalah cara yang paling mahal diantara cara-cara yang lain. Harga tiket pesawat Balikpapan-Bontang berkisar antara Rp1.250.000 atau lebih, itupun tidak pasti mendapatkan seat, tergantung ketersediaan karena pesawat yang dinaiki adalah pesawat yg dicarter oleh PT PKT dan PT Badak.
cara pembeliannya dengan datang ke loket pelita air di lantai 2 bandara sepinggan dan menanyakan ketersediaan tiket pesawatnya. 

Yang kedua melalui travel/taksi gelap reguler yang ada di bandara/agen -agen travel di bandara sepinggan. Harga terakhir ada di kisaran Rp150.000 dengan jadwal yang beraneka ragam (tergantung kapan penuhnya mobil). Untuk yg baru pertama kali ke kalimantan, amat tidak disarankan menggunakan moda transportasi ini, karena "memberikan pelayanan yang baik untuk konsumen" bukan slogan dari masing-masing sopir angkutan ini. Jadwal taksi gelap ini biasanya berangkat pukul 10:00, 13:00, 15:00, 17:00 dst.. setiap 2 jam sekali. Cara mencarinya cukup gampang, tinggal datangi calo calo yang banyak menawarkan jasa taksi gelap ke Bontang, anda tinggal bertemu mereka dan menyampaikan bahwa anda ingin ke Bontang dengan menaiki jasa travel reguler.


Yang ketiga melalui travel/taksi charter. mirip dengan jalur kedua, jalur ketiga juga menggunakan jasa travel atau taksi gelap, bedanya travel tsb dicharter 1 mobil utuh. harga saat ini ada di kisaran 700 ribu rupiah. Biasanya supir taksi gelap hanya membuka charter setelah jam 10 malam. mereka tidak akan mau beroperasi dalam "mode regular", mereka memilih menjadi taksi gelap charter agar mendapatkan bayaran maksimal dengan jumlah penumpang yg sedikit. Cara mendapatkannya pun sama, anda dapat menghampiri calo yg ada, atau dapat pula dengan menelepon langsung supir langganan anda. BTW, Jika anda butuh rekomendasi supir dengan keahlian mengemudi yang baik, anda dapat tinggalkan komentar di blog ini. 

yang keempat, melalui bis patas, PO yang terkenal yg melayani rute Balikpapan - Bontang adalah PO Samarinda Lestar, harga tiketnya saat ini 115.000 dengan harga ini, samarina lestari merupakan transportasi paling praktis dan murah (menurut saya). Cara mendapatkan transportasi ini cukup gampang, cukup menumpang ojek / taksi dari bandara / lokasi anda berada, dan minta antar ke pool samarinda lestari/. Jika dari bandara, tarif ojek berkisar antara 30-50 ribu (tergantung nego), dan jika naik taksi resmi bandara sekitar 70-90 ribu. Sayangnya, tiket bis hanya dapat dibeli di pool bis tsb. 

semoga bermanfaat

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello, this blog was originated for sharing and keeping all my finding about IT, Cities I traveled, and other, in line with my life motto "Make yourself usefull". BTW, Sorry for my English :)

4 komentar:

  1. adakah taksi gelap yang direkomendasikan untuk Balikpapan - Bontang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya saya dengan Bapak Bahtiar (tiar) 0812-5316-235 pak.. kalau ada driver lain yg lumayan, akan saya update disini

      Hapus
  2. Cool. Aja. 081230834980. An. Samsul. Urusan. Bontang. Balikpapan pasti beres...melayani. reguler.dan carter. Mobil. Inova

    BalasHapus
  3. Apakah kondisi yang bapak ceritakan di atas sam adengan kondisi sekarang Okt 2018 ?

    BalasHapus