Pengertian Protokol 802.1x

Akhir - akhir ini saya sedang mengadakan riset tentang captive portal, salah satu protokol yang sering disebut di captive portal yaitu 802.1x, secara garis besar, 802.1x adalah protokol jaringan yang mendukung proses autentikasi sebelum user dapat terkoneksi ke jaringan.
Berikut kutipan saya dari wikipedia







IEEE 802.1X merupakan Standar IEEE Port berbasis Network Access Control (PNAC). Ini adalah bagian dari IEEE 802.1 kelompok protokol jaringan. Ini menyediakan mekanisme otentikasi ke perangkat yang ingin melampirkan ke LAN atau WLAN.

Otentikasi 802.1X melibatkan tiga pihak: a pemohon, authenticator, dan server otentikasi. Pemohon adalah perangkat klien (seperti laptop) yang ingin menempel pada LAN / WLAN - meskipun istilah 'pemohon' juga digunakan secara bergantian untuk merujuk ke perangkat lunak yang berjalan pada klien yang menyediakan mandat untuk authenticator. Authenticator adalah perangkat jaringan, seperti switch Ethernet atau titik akses nirkabel; dan server otentikasi biasanya host menjalankan perangkat lunak yang mendukung protokol RADIUS dan EAP.


Authenticator bertindak seperti seorang penjaga keamanan untuk jaringan dilindungi. Pemohon (yaitu, perangkat klien) tidak diperbolehkan akses melalui authenticator ke sisi dilindungi dari jaringan sampai identitas pemohon telah divalidasi dan disahkan. Analogi ini menyediakan visa yang sah pada kedatangan imigrasi bandara sebelum diizinkan masuk ke negara itu. Dengan 802.1X autentikasi berbasis port, pemohon memberikan mandat, seperti nama user / password atau sertifikat digital, untuk otentikator, dan otentikator meneruskan mandat untuk server otentikasi untuk verifikasi. Jika server otentikasi menentukan kredensial yang valid, pemohon (perangkat klien) diperbolehkan untuk mengakses sumber daya terletak di sisi dilindungi dari jaringan. [7]

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello, this blog was originated for sharing and keeping all my finding about IT, Cities I traveled, and other, in line with my life motto "Make yourself usefull". BTW, Sorry for my English :)

0 komentar:

Posting Komentar