Cara Instalasi Windows Server 2008 / 2012 di Server Dell PowerEdge R730

Baru-baru ini, saya mendapatkan mainan baru berupa server Dell Power Edge R730, Tipe ini merupakan tipe terbaru Dell di tahun 2015, sehingga ada beberapa cara konfigurasi yang diperbarui juga oleh Dell.
Pada awalnya saya mencoba menginstall menggunakan dell management studio yang biasanya berada dalam satu paket penjualan Dell Power Edge, namun di Power Edge R730 ini, tidak ada cd sejenis itu. Lalu saya pun mencoba menginstall menggunakan cara biasa ala windows desktop pun gagal.

Dell Power Edge R730


Setelah membaca manual power edgr R730 (penyakit orang Indonesia, baca manual belakangan haha ), akhirnya saya tahu bahwa untuk menginstallnya saya harus melakukan hal berikut:
(sumber: http://www.dell.com/support/article/us/en/04/SLN129177?c=us&l=en&s=bsd&cs=04)




  1. Siapkan DVD installer Windows/ OS lainnya yg ingin dipasangkan ke dalam server. 
  2. Boot secara biasa, lalu tekan F10 selama boot. F10 digunakan untuk masuk ke dalam menu "LifeCycle Controller"
  3. Menu baru akan terbuka, pilih OS Deployment di menu sebelah kiri.
  4. Klik Deploy OS di menu sebelah kanan,
  5. Pilih "Configure RAID First" atau "Go Directly to OS Deployment" tergantung dari apakah anda sudah memiliki konfigurasi RAID atau belum. PERHATIAN: jika anda telah memiliki konfigurasi RAID, anda akan kehilangan data yg ada di dalam RAID tsb jika anda menghapus konfigurasi yg telah ada. 
  6. Ikuti wizard untuk melakukan konfigurasi RAID sesuai dengan kebutuhan anda (Jika dibutuhkan)
  7. Akan muncul layar metode deploy OS, pilih manual atau automatic (unatended deployment). Dalam kasus saya, saya pilih manual karena saya tidak memiliki server yang menyimpan template konfigurasi server. 
  8. Masukkan disk instalasi OS ke dalam DVD rom. 
  9. Ikuti OS Instalation wizard seperti wizard windows biasa. 


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello, this blog was originated for sharing and keeping all my finding about IT, Cities I traveled, and other, in line with my life motto "Make yourself usefull". BTW, Sorry for my English :)

1 komentar:

  1. Theory of the blog is different from others as I have read hundreds of blogs and articles but found such essence nowhere. Impressive writing and deserve a title of unique writing skill.
    Dell Media Tape Cartridge for LTO6

    BalasHapus