Kliping Berita - Bank Dunia Setujui Pinjaman Logistik Indonesia US$ 400 Juta

https://bisnis.tempo.co/read/news/2016/11/04/087817542/bank-dunia-setujui-pinjaman-logistik-indonesia-us-400-juta

TEMPO.CO, Jakarta - Dewan Eksekutif Bank Dunia menyetujui pinjaman kebijakan pembangunan (development policy loan) reformasi logistik Indonesia sebesar US$ 400 juta. Kebutuhan pinjaman ini digunakan untuk memperbaiki logistik dan memperlancar konektivitas, yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi juga mengurangi kemiskinan.

Kepala Perwakilan Bank Dunia di Indonesia Rodrigo Chaves mengatakan pinjaman itu diarahkan untuk mengatasi hambatan rantai pasokan, seperti dwelling time yang lama di pelabuhan dan prosedur izin perdagangan.

“Perbaikan logistik bisa mengurangi biaya barang dan jasa, khususnya di wilayah terpencil dan tertinggal Indonesia,” kata Chaves dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 3 November 2016.

Adapun biaya logistik Indonesia saat ini sebesar 25 persen penjualan manufaktur, masih tinggi dibandingkan dengan Thailand sebesar 15 persen dan Malaysia 13 persen. Chaves mencontohkan pengiriman peti kemas dari Shanghai, Cina ke Jakarta lebih murah dibandingkan biaya pengiriman barang dari Jakarta ke Padang, Sumatera Barat.

Pinjaman juga akan mendukung Indonesia melakukan transisi yang diperlukan, yaitu beralih dari ekonomi yang bergantung kepada komoditas menuju ekonomi berbasis manufaktur yang berdaya saing tinggi.

Menurut Chaves, logistik yang mahal dan tidak handal merupakan salah satu hambatan bagi daya saing Indonesia.

“Teratasinya hambatan itu akan menambah produksi dan ekspor,” kata Chaves. Selain itu, dengan berakhirnya masa kejayaan komoditas juga akan memperbaiki daya saing dalam produksi non-komoditas.

Tiga komponen utama dalam pendanaan ini adalah peningkatan kinerja pelabuhan, peningkatan daya saing layanan logistik, serta memperkuat fasilitas perdagangan.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello, this blog was originated for sharing and keeping all my finding about IT, Cities I traveled, and other, in line with my life motto "Make yourself usefull". BTW, Sorry for my English :)

1 komentar:

  1. Excellent your post, thanks for sharing.
    You can search latest govt exams answer key RPSC Answer Key visit here.

    BalasHapus