Tempat Nongkrong Asik di Bontang

Kalau lagi di Bontang, sering kali timbul pertanyaan di pikiran kita, mau kemana nih malam ini ? mau kemana nih weekend ini di Bontang ?
Banyak orang bingung memutuskan mau kemana, padahal.. banyak tempat asik di Bontang yang bisa kita kunjungi untuk sekedar menghabiskan waktu di malam hari atau ketika weekend tiba.
berikut daftarnya:

1. Cafe
Yap.. cafe.. di Bontang punya banyak cafe yg asik loh, mulai dari yg fokus sama kopi, makanan barat, sampai cake.. berikut daftar cafe yang ada di Bontang :

a. Cafe Malabar / Gudeg Bu Harman
Dulunya, cafe ini bernama Gudeg Bu Harman, namun sepertinya pemiliknya punya modal lebih dan membuka Cafe Malabar bersama dengan Gudeg Bu Harman. Menurut saya, cafe ini adalah cafe paling worthed di Bontang. Makanan dan minumannya enak, sesuai dengan harganya, menunya juga variatif dan pelayanannya OK punya. Tempatnya juga luas dan bersih sekali.  Menu yang disediakan di Cafe ini yaitu menu gudeg, makanan lokal seperti nasi goreng, lalu ada menu barat macam steak, dan beberapa desert manis-manis. Jika ada waktu saya akan review lebih lanjut cafe ini. lokasinya di P. Suryanata (eks. Jalan Sendawar) tidak jauh dari lampu merah / simpang empat Bontang Baru. Berikut lokasi koordinat Cafe Malabar.

lokasi gudeg Cafe Malabar / Bu Harman Bontang


Salah satu menu di Cafe Malabar, foto diambil dari Google

b. Cafe Magnificent Seven (Mag 7)
Cafe ini adalah cafe "serius" pertama yang ada di Bontang, lokasinya strategis (di pinggir jalan utama, M.T. Haryono ) dan parkirannya pun luas. Menu makanan variatif mulai dari menu Indonesia hingga menu Barat dan Jepang pun ada, namun rasanya sedikit dibawah Cafe Malabar. Oh iya, hampir ketinggalan, disini juga ada pizza loh!
Berikut lokasinya

Mag 7, Foto diambil dari Google
c. Cafe Jimbaran, Bontang
Cae ini cocok buat kamu dengan duit yang terbatas! Lokasinya ada di salah satu ujung BontangKuala, Menunya standar cafe - cafe sederhana Bontang seperti pisang keju, gami bawis, dan kawan-kawannya. Harganya pun ramah di kantong.
Pemandangan cafe ini bagus, apalagi ketika matahari terbenam. Sekedar saran.. jika ingin kesini sebaiknya naik motor karena kita tidak boleh mengendarai mobil di perkampungan Bontang Kuala.
ini lokasi Cafe Jimbaran Bontang
Cafe Jimbaran

d. Kedai Hitam Putih
Menurut saya, inilah cafe dengan masakan yang paling enak, dan dengan dekorasi yang mantap. Namun sayang sekali.. lahan parkirnya terbatas.. kita harus parkir di pinggir jalan umum :(. jadi kalau bawa mobil bagus harus hati2, khawatir tergores oleh kendaraan yang lewat. Masakannya enak, menu juga variatif, menu indonesia, barat, dan desert2nya.. 
lokasi diantara Cafe Malabar dan Bontang Kuala.

Kedai Hitam Putih, Gambar dari Google
e. Masih banyak cafe lain yang akan saya bahas di post yang lain, untuk di post ini saya hanya akan bahas keempat cafe diatas, lalu lanjut ke lokasi nongkrong asik di Bontang lainnya.


2. Pantai
ada banyak pantai di sekitar Bontang, berikut daftarnya: 
a. Pantai di Beras Basah
Ini adalah pantai (sekaligus pulau) paling mainstream di Bontang. Cara ke pulau beras basah yaitu dengan cara menumpang kapal dari pelabuhan tanjung laut Bontang. disana ada banyak kapal yang menyediakan jasa penyebrangan ke Beras Basah. 
Kondisi pantainya cukup OK, dengan pasir putih yang cukup luas.. Namun sayang, pasirnya sudah mulai tergerus oleh abrasi air laut yang ganas, sehingga di sekeliling pulau itu dipasangi pemecah ombak yang cukup besar..Di pulau tersebut juga terdapat tenda-tenda pedangan yang menjualan makanan dan minuman lho...

Pulau Beras Basah

b. Pantai Biru Kersik
Jangan tertipu oleh namanya.. pantai ini tidak berwarna biru :)). 
Pantai ini terletak di Desa Santan, terdiri dari hamparan pasir berwarna kecoklatan yang sangat luas. Pantai ini cukup sepi, dan memiliki bibir pantai yang panjang sekali.. sayangnya beberapa puluh meter dari bibir pantai tanahnya seperti lumpur, sehingga kurang cocok untuk dijadikan tempat berenang. Untuk kesana, anda bisa mengendarai mobil ke arah Sekambing, lalu melintasi jalan tambang milik Indominco selama kurang lebih setengah jam..



Pantai Biru Kersik



c. Pantai Pangempang dan Mutiara Indah
Kedua pantai ini lokasinya berdekatan, pemandangannya lumayan bagus, berada tidak jauh dari Pantai Biru Kersik, Lokasi kedua pantai ini tidak jauh dari Muara Badak, dan dapat dicapai kurang lebih 2 jam dari Bontang. Kondisi pantai pangempang jauh lebih bagus daripada pantai lain yang ada di pesisir timur kalimantan timur lainnya dengan pasir putih dan pohon cemara..Untuk ke Pantai Pangempang kita harus menyebrang teluk dengan menggunakan kapal penduduk dari sekitar pantai mutiara indah ya..
Berikut lokasinya
Pantai Pangempang

Untuk saat ini, saya hanya membahas pantai dan cafe di Bontang yang dapat dijadikan referensi tempat nongkrong. Untuk post selanjutnya akan saya isi dengan tempat-tempat lain yang tidak kalah menarik

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello, this blog was originated for sharing and keeping all my finding about IT, Cities I traveled, and other, in line with my life motto "Make yourself usefull". BTW, Sorry for my English :)

0 komentar:

Posting Komentar