Tips Memilih Perusahaan Tempat Kerja

Akhir - akhir ini saya melihat banyak teman - teman saya yang boleh dibilang mengambil keputusan yang kurang tepat dalam melamar pekerjaan. 
Mengapa saya mengatakan demikiann? Karena mereka mencari tempat kerja hanya berdasarkan rasa takut tidak mendapatkan kerja di tempat manapun, sementara secara kualitas individu, mereka memiliki kualitas yang mumpuni. 

Oleh karena itu, saya akan coba bagi beberapa tips sebelum memilih tempat kerja., silakan simak beberapa tips dibawah
Looking for a job

1. Apakah anda yakin anda akan tinggal di kota tempat anda bekerja hingga akhir hayat?
Ini penting, karena rata-rata lokasi kerja menentukan masa depan anda. Ingat, jika anda masih memiliki ambisi yang tinggi untuk sekolah lagi (misalkan S2), pilihkan lokasi kerja yang memiliki kampus yang benefit.. itu lebih baik daripada anda menunggu kelas khusus dari universitas ternama membuka kelas di perusahaan anda (syukur kalau ada). Selain itu, pikirkan lagi apakah anda adalah tipe orang yang dapat hidup (bukan bekerja) di tempat yang terpencil, jauh dari pusat perbelanjaan. Ingat, ketika anda memilih perusahaan tempat anda bekerja, anda juga secara otomatis ikut memilih lokasi tempat tinggal anda.

2. Lakukan survey kecil kecilan ke teman - teman anda yang telah bekerja
Hal ini penting dilakukan, agar anda dapat mengetahui bagaimana kira-kira suasana kerja dan tugas tugas yang kira - kira akan anda emban di perusahaan tersebut. Mengetahui medan perang sebelum anda berperang sungguh sangat dianjurkan bukan?

3. Pilih tempat kerja yang mendukung pengembangan diri anda
Ini penting, karena ketika bekerja, secara otomatis minimal 1/3 waktu anda (9 jam) yang merupakan mayoritas waktu anda  dihabiskan di lingkungan kerja, sementara sisanya digunakan untuk keluarga dan istirahat, dan kepentingan pribadi lainnya. Oleh karena itu, penting pula untuk memilih tempat kerja yang mendukung pengembangan diri anda. Pilihlah lingkungan kerja yang kompetitif dan berkompetisi dengan sehat, dengan begitu secara automatis anda akan terdorong untuk mengembangkan diri secara mandiri pula mengikuti "arus" yang ada. Jiwa kompetitif dan profesional tentu akan membawa banyak hal positif  untuk anda bukan ?

4. Jangan lupa meminta restu dari orang tua
Saran dari orang tua juga perlu dijadikan masukan dalam memilih tempat kerja, karena dengan pengalaman hidupnya yang lebih matang daripada kita, tentu saran mereka pasti adalah saran yang baik bagi kita. Ditambah lagi terkadang orang tua memiliki keperluan lain di kemudia hari seperti ingin anaknya hidup dekat dengan keluarga.

Sekian dari saya, saya akan tambahkan bila menemukan tips lainnya

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello, this blog was originated for sharing and keeping all my finding about IT, Cities I traveled, and other, in line with my life motto "Make yourself usefull". BTW, Sorry for my English :)

0 komentar:

Posting Komentar