Tempat Wisata di Kalimantan Timur (Kaltim)

Akhir-akhir ini saya agak bingung mau menghabiskan liburan dimana, tidak seperti di Jawa, tempat wisata di Kaltim ini cenderung tidak banyak (informasinya?) sehingga kegiatan di sini hanya berjalan jalan ditempat yang relatif sama.

Saya terkadang heran, apa benar kaltim hanya memiliki sedikit tempat wisata? Sementara alamnya masih amat sangat alami, dan luasnya pun setara dengan Pulau Jawa.
setelah sedikit browsing-browsing, ditemukanlah beberapa tempat wisata yang menurut saya OK dan anti mainstream di Kaltim..
berikut adalah daftarnya.. untuk saat ini saya hanya bisa mengutip dari blog yang lain karena belum mencoba mengunjunginya satu persatu.

Batu Dinding Balikpapan by http://nhorachan.blogspot.com/




1. Batu Dinding Balikpapan

artikel dari http://nhorachan.blogspot.com/2015/04/bukit-batu-dinding-kilo-45.html

"Bukit Batu Dinding berlokasi di kilo 45 Samboja, atau kilo 45 jalan poros Balikpapan-Samarinda. Kami berangkat jam 7 pagi dari Samarinda, setelah malam sebelumnya aku sempat begadang sampai jam setengah 3 dini hari. Mata masih agak semriwing tuh paginya. Sama seperti minggu lalu, kami tidak tahu arah ke tekape. Petunjuknya hanya, tempat ini berada di kilo 45, udah gitu aja. But... no matter what happen, the show must go on. Sempat galau juga karena cuaca pagi yang mendung. Tapi udah terlanjur pengen, yaudah lanjut."

Foto batu dinding by greenkalimantan.com

"Dari atas bukit kita bisa melihat hamparan hijau hutan Kalimantan. Pokoknya sejauh memandang cuman hijau pepohonan deh. Langsung deh kamera beraksi, let's take photos. Kami bertemu rombongan dari Balikpapan juga, lumayan buat teman ngobrol. Sempat minta potokan juga hihihi. Tinggal di Kalimantan, sebagai pulau yang bisa dikatakan, minim gunung, berada di ketinggian bukit seperti ini tentu sesuatu yang sangat mengesankan. Rasa lelah seketika hilang berganti rasa senang karena bisa menikmati pemandangan, rasa takjub akan ciptaan Tuhan, dan rasa tidak percaya ternyata kami bisa sampai di atas sini."


2. Gunung Rambutan

dikutip dari https://sites.google.com/site/wisataairterjun/kalimantan-timur/air-terjun-gunung-rambutan

Air Terjun Gunung Rambutan memiliki tiga tingkatan dengan ketinggian keseluruhan sekitar 60-80 m.  Air nya jatuh deras pada dinding-dinding tebing di hutan Gunung Rambutan dan terkumpul di dalam kolam besar dikelilingi batu-batu sehingga dapat digunakan untuk berenang atau berendam.  Air terjun ini akan terlihat dengan jelas bila musim hujan tiba.  
Foto dari kompasiana , by agoeng widodo

Aksebilitas

Berjarak sekitar 48 km dari Tanah Grogot di sisi poros jalan trans Kaltim-Kalsel.  Atau sekitar 18 kilometer dari simpang tiga Kuaro, dan sekitar 10 kilometer dari Batu Kajang.  Lokasinya di tengah-tengah tanjakan Gunung Rambutan yang berliku. Jika dari arah Kuaro tinggal menyusuri turunan, dan ada sebelah kanan. Bila dari arah Batu Kajang maka sebaliknya. Setiap yang lewat jalan poros itu pasti melihat. Sebab, air terjunnya berada di pinggir jalan.


3. Teluk Lombok
Teluk lombok adalah salah satu pantai tempat wisata terkenal di kalangan masyarakat Bontang, Sangatta, Kutai timur . 
Lokasinya ada diantara Bontang dan Sangatta, untuk mencapai kesana, kita harus melalui jalanan yang belum diaspal dan berdebu :(

Berikut kutipan dari galeriwisata.wordpress.com

terletak tidak jauh dari kota Sangatta yang merupakan ibukota Kabupaten Kutai Timur. Tempat ini dapat dicapai dengan menggunakan jalur darat dari Sangatta sekitar 15 km menyusur pantai timur Kutai Timur. Pemandangan pantai dan laut menjadi daya tarik utama tempat ini, ditambah dengan lokasinya yang tidak terlalu jauh dari kota, diharapkan dapat menjadi tempat berwisata bagi penduduk kota Sangatta.
https://galeriwisata.files.wordpress.com/2012/03/pantai-teuk-lombok.jpg

4. Mata Air Sekerat
Mata air ini terletak di kaki gunung sekerat, pemandangan indah, asri, dan menyejukkan. 
berikut kutipan dari https://galeriwisata.wordpress.com/wisata-kalimantan/wisata-kalimantan-timur/wisata-kutai-timur-sangatta/

Sumber mata air sekerat berada di dalam wilayah PT. API di kaki Gunung Sekerat, kurang lebih 1,5 jam dari dermaga Kolek dengan mengendarai mobil. Daya tarik objek ini adalah keindahan panorama Gunung Sekerat, hutan Kalimantan dan air sungai yang megalir jernih.

https://galeriwisata.wordpress.com/wisata-kalimantan/wisata-kalimantan-timur/wisata-kutai-timur-sangatta/



5. Air Terjun Narut
Berikut kutipan dari https://visitbengalon.wordpress.com/2014/02/05/air-terjun-narut/

Sekilas Info :D : Air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Air terjun dapat berupa buatan yang biasa digunakan di taman. Beberapa air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan dimana erosi kerap terjadi. Udah deh basa-basinya , sekarang saya akan memberikan pengetahuan saya tentang Air terjun yang ada di Bengalon.
Selain memiliki beragam kebudayaan yang menarik, Bengalon juga memiliki banyak tempat yang dapat dijadikan sebagai tempat rekreasi, contohnya air terjun ini.
Narut (7)
Air terjun tersebut berada di daerah Narut, Kecamatan Bengalon. Berbicara tentang keindahan air terjun di daerah Narut ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Sudah banyak warga masyarakat yang sudah membuktikan keindahannya dengan datang sendiri untuk berkunjung ke air terjun narut ini.
Air terjun ini terletak di dalam hutan yang masih banyak terdapat pohon-pohon yang rimbun,tetapi semua itu tidak akan mengurangi keindahannya, tetapi justru menambah keindahan dan dengan itu pula dapat menambah serta meyakinkan kita bahwa air terjun tersebut masih dalam keadaan yang begitu asri.
Lihat saja pada gambar berikut :

Narut (2)Selamat Berkunjung ;)

Narut (8)
Bagaimana, masih alami bukan? Selain masih dalam keadaan yang alami dan asri, air terjun ini juga bersih dan juga banyak bebatuannya, karena warga yang berkunjung turut menjaga kebersihan dan kealamian dari air terjun ini.
Dan untuk waktu tempuh perjalanannya, tepatnya dari tempat saya tinggal yakni desa Sepaso Barat adalah sekitar 2 jam. Tetapi jangan khawatir, anda dapat membawa kendaraan anda sampai di tempat ;) dan rasa lelah maupun penat anda akan terbayar ketika melihat pemandangan di air terjun ini.




dan masih banyak lainnya, saya akan coba tambahkan listnya disini jika menemukan tambahannya.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello, this blog was originated for sharing and keeping all my finding about IT, Cities I traveled, and other, in line with my life motto "Make yourself usefull". BTW, Sorry for my English :)

3 komentar:


  1. Salam kenal dari Bali,
    Kami menawarkan paket prewedding atau family photography (liburan di bali sambil photo prewedding atau family photo)
    3 hari 2 malam hanya Rp. 5.000.000,-
    Sudah termasuk :
    • Menginap 3 hari 2 malam di Hotel atau bungalow di Bali (area Kuta, Seminyak, Sanur, Ubud) tergantung persediaan kamar pada hari pemesanan.
    • Gratis penjemputan di Bandara Ngurah Rai ke hotel
    • Biaya masuk ke lokasi pemotretan
    • Makan siang atau makan malam “Halal Food” (sesuai dengan waktu pemotretan)
    • free mineral water
    • 2 atau 3 Photographer dan 1 assistant photographer
    • Durasi pemotretan 8 – 10 Jam
    • unlimited photo editing (fleksibel)
    • Free slideshow
    • Gratis 1 hari tour (durasi 10 H) mengunjungi objek wisata di bali
    Silahkan hubungi kami di http://www.3daysphotography.com/
    Instagram https://www.instagram.com/threedaysphotography/
    Mobile : 081238128654
    Pin : 524E0631

    BalasHapus
  2. Kalimantan Timur memang mempunyai tempat-tempat wisata yg unik dan khas, mantap bnget,apalagi ditambah dengan wisata bawah laut nya itu, btw makasih min buat infonya

    BalasHapus