Cara Reflashing / Install Ulang Buffalo TeraStation TS-2RZS12T04D

Beberapa waktu yang lalu, NAS Buffalo Terra Station mengalami kerusakan, dimana ada yang mencoba menginstall NAS tersebut dengan OS lain diluar bawaan resmi Terra Station,
karena NAS tsb tidak support dengan OS tsb,  maka NAS tsb pun tidak dapat dipakai.
Lalu, timbul inisiatif untuk melakukan reflashing/install ulang buffalo terra station dari nol.

Garis besar caranya adalah sebagai berikut:
Persiapan:
- Pastikan terra station anda sudah tercolok ke monitor dan keyboard.

Langkah-langkah:

1. Masuk ke dalam BIOS dan reset semua konfigurasi menjadi default, untuk masuk ke dalam BIOS, tekan F7 secepat mungkin (dua kali dalam sedetik) langsung setelah anda menyalakan terra station anda. Lalu cari menu untuk melakukan reset konfigurasi BIOS menjadi factory default/sejenisnya.
2. Siapkan live usb sebagai installer OS terra station yang benar dengan mengikuti langkah dibawah:

a) download image file TS-2RZS12T04D dari link berikut  (terima kasih mas Andri untuk linknya)  https://drive.google.com/file/d/0BxDOZEmyjvH0WTg3b1B5b1FkcGc/view?usp=sharing
b) Download aplikasi DDWIN.exe di si-linux.co.jp, untuk lebih mudahnya, anda dapat melakukan translate website berbahasa jepang tsb ke bahasa inggris menggunakan fasilitas google translate
c) Anda setelah selesai download file image dan ddwin dari situs diatas, ekstrak file image yang telah anda download, untuk dicopy ke dalam flash disk yang berukuran minimal 2 GB dengan menggunakan DDWin.exe.
d) Jalankan DDWin.exe dengan run as administrator setelah anda extract image anda, lalu choose disk untuk memilih flash disk yang akan dimasukkan image terra station, dan choose file untuk memilih image yang akan dimasukkan ke dalam flash disk. Jika flash disk anda tidak terdeteksi ketika "Choose Disk", klik "Protection is removed on consent".


http://buffalosupport.bf1.jp:8080/upload/Boot1.1.jpg
e) klik "Restore" untuk membuat bootable USB.



3. Lalu masuk ke tahap instalasi OS di TeraStation, caranya adalah sebagai berikut:
a) Sebelum melakukan tahap ini, baca terlebih dahulu "Recovering the TeraStation", 
langkah ini dilakukan jika TeraStation anda tidak dapat boot sama sekali. 
Langkah ini akan membuat seluruh data di TeraStation terhapus, jadi jangan lupa untuk membackup seluruh data sebelum melakukan ini. 
Untuk merecover TeraStation, ikuti langkah berikut:
- Siapkan USB recovery seperti langkah diatas
- Masukkan USB ke dalam USB Port 2.0 bagian depan yang atas
- Power on TeraStation dan tekan F7 secepatnya, lebih dari 2 kali per detik. 
- Pilih boot dari "USB Flash Disk" dari menu, nama device tergantung dari nama USB anda.
- TeraStation akan melakukan proses recovery, hal ini dapat memakan waktu hingga 10 menit, Setelah instalasi selesai, TeraStation akan shut down otomatis, dan seluruh LED akan mati. 
- Setelah proses rcovery selesai dan proses shut down selesai, cabut flash disk dan power on terra station. Tera station akan kembali ke setting pabrikan kembali, semua data akan dihapus dan semua drive akan dikombinasikan menjadi raid 0 tanpa redundancy. Untuk keamanan data, buat data array dengan redundancy..

Sekian tips dari saya, tips ini saya dapatkan dari Pak Andri, salah satu engineer ECS (distributor Buffalo Indonesia). Langkah-langkah ini mengandung risiko kerusakan data/hardisk, lakukan dengan risiko anda sendiri. Semoga membantu


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello, this blog was originated for sharing and keeping all my finding about IT, Cities I traveled, and other, in line with my life motto "Make yourself usefull". BTW, Sorry for my English :)

0 komentar:

Posting Komentar