Cara Konfigurasi Mac Address Table Static


Pada switch (terutama Cisco), terdapat 3 jenis mac address table, yaitu:
1. Permanent
2. Dynamic
3. Static

Perbedaannya antara mac address table permanent, dynamic, dan static adalah sebagai berikut


Mac address static adalah MAC yang address yang dikonfigurasi, sementara MAC address dynamic adalah MAC yang secara pintar dipelajari oleh switch.
MAC Address permanent adalah merupakan mac address dasar dari ethernet switch, MAC dari interface yang dimiliki switch. MAC Address permanent tidak dapat dirubah.

Sebuah contoh penggunaan MAC Address static dan dynamic adalah ketika menggunakan port security / keamanan port switch. Ketika mengimplementasi port security di switch, kita dapat mengkonfigurasi MAC mana saja yang dibolehkan terhubungn ke switch port tertentu (Ini disebut MAC Static), dan kita dapat juga mempelajari beberapa buah MAC Address via dynamic mac, ketika sebuah frame memasuki port tertentu, port tsb akan menyimpan MAC Address sumber fram, dan ini merupakan contoh dari dynamic MAC Address.

Cara konfigurasi Mac Address Table Static adalah sebagai berikut:
Jalankan command dibawah. Tentunya setelah masuk ke dalah configuration terminal dari switch

switch(config-)# mac-address-table static mac_address vlanvlan-id { drop | interface { type slot / port } | port-channel number } [ auto-learn ]

contoh :
switch# configure terminal
switch(config)# mac-address-table static 12ab.47dd.ff89 vlan 3 interface ethernet 2/1


Sumber:
https://supportforums.cisco.com/discussion/9748446/static-permanent-dynamic-mac-addresses
http://www.cisco.com/c/en/us/td/docs/switches/datacenter/nexus5000/sw/configuration/guide/cli/CLIConfigurationGuide/MACAddress.html

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello, this blog was originated for sharing and keeping all my finding about IT, Cities I traveled, and other, in line with my life motto "Make yourself usefull". BTW, Sorry for my English :)

0 komentar:

Posting Komentar